1. Franchise yang berhasil di Indonesia
Indomaret, salah satu pewaralaba minimarket tertua di Indonesia. minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
10 keistimewaan franchase indomaret yang anda perlu ketahui :
1. Minimarket tertua
Gerai waralaba pertamanya buka pada 1997. Sampai akhir 2009 lalu, jumlah toko Indomaret mencapai 3892 buah. Di pulau Jawa gerai-gerainya tersebar hingga ke kota kecamatan.
2. Penghargaan dari Presiden
Pada 2003 Indomaret berhasil meraih penghargaan sebagai “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati.
3. Toko Resmi Piala Dunia 2010
Dengan jaringan ribuan toko Indomaret ditunjuk sebagai toko resmi yang menjual merchandise piala dunia 2010. Sejumlah media menyebutkan, Indomaret membidik omzet senilai Rp 100 M selama perhelatan sepa bola ini berlangsung.
4. Rekor MURI
Museum Rekor Indonesia memberikan piagam penghargaan bagi Indomaret atas rekornya sebagai pemrakarsa kreasi mainan anak dari kemasan bekas dengan jumlah peserta terbanyak.
5. Aktif mengembangkan CSR
Sebagai toko ritel yang hadir di tengah-tengah pemukiman Indomaret tergolong aktif mengembangkan tanggung jawab sosialnya. Kegiatan donor darah, bantuan beasiswa, membangun sarana bermain anak, hingga berbagi dengan anak-anak panti asuhan merupakan beberapa bentuk konkretnya.
6. Melayani Jasa Kiriman Uang
Indomaret juga membuka layanan untuk mengirim uang instan dengan menggandeng (atau digandeng) Western Union.
7. Ikut memasyarakatkan olahraga
Dalam berbagai kesempatan Indomaret di berbagai daerah menyelenggarakan kegiatan olah raga seperti tour bersepeda atau fun bike.
8. Mengembangkan pembayaran digital
Untuk meningkatkan layanan kepada konsumen, Indomaret terus mengembangan sistem pembayaran di di jaringan tokonya. Yang sudah berjalan antara lain Katu Debit (BCA dan Mandiri), T-Cash (Telkomsel) dan JackCard (Bank DKI)
9. Promosi berkesinambungan
Selain beriklan, Indomaret juga gencar mengadakan kontes-kontes sebagai bagian dari promosinya. Lomba vocal group, lomba foto, dan lomba mewarnai bagi anak-anak adaah sebagiannya.
10. Rajin memberikan diskon
Konsumen sangat senang jika mendapatkan potongan harga. Pemberian harga khusus, undian, maupun hadiah langsung, merupaan strategi yang ditempuh Indomaret.
2. Keuntungan dari franchase tersebut bagi pemilik
Mempermudah pemilik menjual produk produk yang di butuhkan masyarakat sebagai bahan pokok sehari hari. Dengan semakin banyak pembeli maka semakin banyak juga laba yang di dapatkan oleh pemilik.
3. Dampak positif dan negatif bagi perusahaan terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia
Dampak positif
-Mempermudah masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari
-menciptakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat
Dampak negatif
-Usaha waralaba seperti ini membuat pasar tradisional semakin lama semakin di lupakan oleh masyarakat. Karena dari faktor kebersihan dan kenyamanan di minimarket tidak terdapat pada pasar tradisonal. Jadi masyarakat jauh lebih memilih belanja di minimarket/swalayan.
-selain mematikan pasar tradisional,minimarket tersebut juga mematikan toko kelontong.
sumber: www.google.com , indomaret.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar