1. Hubungan antara bisnis dengan pelanggan / konsumen
Hubungan antara bisnis dengan konsumen merupakan hubungan yang paling banyak dilakukan. Karena itu, bisnis haruslah menjaga etika pergaulannya dengan baik. contohnya :
a. Pemberian servis, terutama garansi, merupakan tindakan yang etis bagi suatu bisnis.
b. Kemasan yang berbeda-beda membuat konsumen sulit membandingkan harga terhadap produknya.
c. Konsumen membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi di dalamnya sehingga produsen perlu memberi penjelasan tentang isi dan kandungan yang terdapat di produk tersebut.
2. Hubungan dengan karyawan
Pergaulan bisnis dengan karyawan meliputi : penarikan (recruitment), latihan (training), promosi atau kenaikan pangkat, transfer, demosi atau penurunan pangkat, maupun lay-off atau pemecatan / PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
3. Hubungan antar bisnis
Merupakan hubungan antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain baik perusahaan kolega, pesaing, penyalur, grosir, maupun distributornya.
4. Hubungan dengan investor
Merupakan pemberian informasi yang benar kepada investor maupun calon investor sehingga dapat menghindari pengambilan keputusan yang keliru .
5. Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan Hubungan dengan lembaga keuangan terutama lembaga perpajakan adalah hubungan yang bersifat financial yaitu berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan.
Sumber : http://www.google.co.id/, Fitri Oktaviani blog's
Tidak ada komentar:
Posting Komentar