Minggu, 09 Juni 2013

Garuda vs Oranje

                7 Juni 2013, merupakan hari yang sangat bersejerah untuk persepakbolaan Indonesia. Mengapa dibilang bersejarah? Karena pada tanggal itu Tim yang berperingkat 5 Dunia dan menjadi finalis Piala Dunia 2010 itu menyempatkan hadir ke Indonesia untuk melakukan Friendly Match atau pertandingan persahabatan melawan TimNas Indonesia.
                Belanda datang dengan membawa pemain-pemain top dunia seperti Robin Van Persie (Machester United), Wesley Sneijder (Galatasaray), Arjen Robben (Bayer Munchen), serta John Heitinga (Everton).  Tentu moment ini menjadi sangat emosional karena kita ketahui bersama Negara kita pernah di jajah dengan Belanda sekitar 350 tahun lamanya. Tidak hanya karena faktor itu, pemain Belanda ada yang mempunyai keturunan Indonesia dan bahkan sebaliknya pemain TimNas Indonesia juga ada yang berasal dari Belanda.
                Seperti kita ketahui di Timnas ada 2 pemain yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda yang sekarang sudah menjadi kewarganegaraan Indonesia setelah melakukan proses naturalisasi. Kedua pemain itu adalah Serginho Van Dijk dan Raphael Guillermo Eduardo Maitimo atau yang lebih sering dikenal Raphael Maitimo. Keduanya lahir dan memulai karir sepakbola di negeri kincir angin itu. Di tim Belanda juga ada pemain yang memiliki keturunan Indonesia. Mereka adalah Robin Van Persie dan Johny Heitinga. RvP diketahui memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari pulau Jawa, sementara Johny Heitinga memiliki keterikatan dengan Indonesia dari sang kakek dan ayahnya. Kakeknya berasal dari Banka Belitung dan ayahnya lahir di Jakarta. Johny Heitinga sendiri sangat menantikan kunjunganya ke Indonesia karena Negara ini merupakan Negara tempat kakek dan ayahnya dilahirkan ungkap pemain Everton itu di media social Twitter. Bahkan Johny Heitinga sering kali menuliskan tweet (status) di twitter dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
                Timnas Belanda akan berada di Indonesia selama 4 hari dan melakukan pertandingan hari Jum’at 7 Juni 2013 pukul 20.30 WIB. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar